Popular Post

Popular Post

Posted by : Unknown Friday, March 21, 2014

Salah satu layanan jasa yang saya tangani adalah maintenance warnet-warnet yang ada di sekitar tempat tinggal saya. dan Alhamdulillah beberapa warnet mempercayakan kepada saya dalam penanganan instalasi jaringan sekaligustroubleshootingnya, baru-baru saja ada client saya untuk merubah  operating systemnya dari Windows XP ke Windows 7,  namun ada maslah pada sharing data yaitu data di masing-masing client tidak bisa di share di komputer operator. 




Dengan mengikuti langkah-langkah berikut Anda dapat mengatasi masalah sharing data pada windows 7 :

Buka dulu 'Network and Sharing Center' di Control Panel.  Pada 'Network and Sharing Center', ada bagian yang namanya 'View your active networks'. Disana kamu akan melihat network yang sudah terkoneksi, tipenya dan juga status apakah kamu sudah 'join' homegroup atau belu,. Jika tidak ada HomeGroup pada network kamu, kamu akan melihat kalimat yang berkata 'HomeGroup: Ready to create'. Sebelum itu, hubungkan dulu komputer - komputer yang ingin dibuatkan HomeGroup.
Jika network kamu masih menggunakan 'Public", ubah ke Home Network dengan cara klik "Public Network" pada "View your active networks" lalu ubah ke "Home Network". Hasil akhirnya akan terlihat seperti diatas.

Untuk membuat HomeGroup, klik "Ready to create" seperti gambar diatas. Lalu, klik "Create a homegroup". Lalu, pilih konten yang akan bisa dibagikan. 


Klik Next. Setelah beberapa saat, Windows 7 akan memunculkan password dari HomeGroup. Pada saat ini, password tidak dapat diganti. Jika kamu ingin menggantinya, klik 'Finish'. Jika kamu ingin menggunakan password yang sudah diberikan Windows 7, lalu tulislah password tersebut di selembar kertas atau bisa juga diprint. Ketika sudah, klik 'Finish'.
Homegroup sudah selesai dibuat dan komputer lain dapat bergabung ke network. Setelah selesai dengan Wizard diatas, kamu akan kembali ke jendela HomeGroup, dimana kamu bisa melihat beberapa opsi.

Jika kamu ingin menambahkan komputer lain di HomeGroup, tapi kamu lupa dengan passwordnya, kamu bisa melihat kembali Password kamu dengan mudah. Buka Homegroup dan klik 'View or print the homegroup password'.

Lalu, passwordnya akan muncul. Bisa kamu print ataupun kamu catat di kertas kosong.
Cara komputer client berhubungan dengan komputer server ( operator ) 

Jika homegroup sudah dibuat, sekarang saatnya untuk bergabung ke homegroup tersebut. Ketika kamu membuka Network and Sharing Center, kamu akan melihat tulisan 'HomeGroup: Available to join'. Klik link tersebut.
Lalu, klik Join now.
Lalu pilihlah konten yang akan dibagikan, lalu klik Next.
Lalu ketikkan password homegroup. Jika sudah, klik Next. Klik Finish untuk menyelesaikan.
B
erhenti bergabung dengan Home Group
Jika kamu ingin meninggalkan HomeGroup caranya adalah buka HomeGroup Control Panel dan klik 'Leave the homegroup'.



Referensi : http://www.windowsku.com/2012/01/penjelasan-homegroup-fitur-di-windows-7.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Command comTechno - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -