Popular Post

Popular Post

Posted by : Unknown Thursday, August 15, 2013



ManfaatJaringankomputer  : Jenis  JenisJaringanKomputer

Secaraumumjaringankomputerdapatdibedekan lima jenis yang terdiridari :

1.
LAN  ( Local Area Network )

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) dan saling bertukar informasi. LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya berdasarkan tiga karakteristik: ukuran, teknologi transmisi dan topologinya.

LAN mempunyai ukuran yang terbatas, yang berarti bahwa waktu transmisi pada keadaan terburuknya terbatas dan dapat diketahui sebelumnya. Dengan mengetahui keterbatasnnya, menyebabkan adanya kemungkinan untuk menggunakan jenis desain tertentu. Hal ini juga memudahkan manajemen jaringan. 

LAN seringkali menggunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps (mega bit/detik)  dengan delay rendah (puluhan mikro second) dan mempunyai faktor kesalahan yang kecil. LAN-LAN modern dapat beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi, sampai ratusan megabit/detik.


Metropolitan  Area Network (MAN) padadasarnyamerupakanversi LAN yang berukuranlebihbesardanbiasanyamemakaiteknologi yang samadengan LAN.  MAN dapatmencakupkantor-kantorperusahaan yang berdekatandandapatdimanfaatkanuntukkeperluanpribadi (swasta) atauumum. MAN biasanyamamapumenunjang data dansuara, danbahkandapatberhubungandenganjaringantelevisikabel. MAN hanyamemilikisebuahatauduabuiahkabeldantidakmempunyaielemen switching, yang berfungsiuntukmengaturpaketmelaluibeberapa output kabel. Adanyaelemen switching membuatrancangan  menjadilebihsederhana.

Alasanutamamemisahkan MAN sebagaikategorikhususadalahtelahditentukannyastandartuntuk MAN, danstandartinisekarangsedangdiimplementasikan.Standarttersebutdisebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurutstandart IEEE. DQDB terdiridariduabuahkabel  unidirectionaldimanasemuakomputerdihubungkan, sepertiditunjukkanpadagambar 1.2. Setiap bus mempunyaisebuah head–end, perangkatuntukmemulaiaktivitastransmisi.Lalulintas yang menujukomputer yang berada di sebelahkananpengirimmenggunakan bus bagianatas.Lalulintaskearahkirimenggunakan bus yang berada di bawah.


Wide Area Network  (WAN) mencakupdaerahgeografis yang luas, sertingkalimencakupsebuahnegaraataubenua.  WAN terdiridarikumpulanmesin yang bertujuanuntukmejalankan program-program aplikasi. 

Kita akanmengikutipenggunaantradisionaldanmenyebutmesin-mesininisebagai host. Istilah End System kadang-kadangjugadigunakan  dalamliteratur. Host dihubungkandengansebuah subnet komunikasi, ataucukupdisebut subnet.Tugas subnet adalahmembawapesandari host ke host lainnya, sepertihalnyasistemtelepon yang membawaisipembicaraandaripembicarakependengar. Denganmemisahkanaspekkomunikasimurnisebuahjaringan (subnet) dariaspek-aspekaplikasi (host), rancanganjaringanlengkapmenjadijauhlebihsederhana.

Padasebagianbesar WAN, subnet terdiridariduakomponen, yaitukabeltransmisidanelemen switching. Kabeltransmisi (disebut  jugasirkuit, channel, atau trunk) memindahkan  bit-bit darisatumesinkemesinlainnya.

Element switching adalahkomputerkhusus yang dipakaiuntukmenghubungkanduakabeltransmisiataulebih.Saat data sampaikekabelpenerima, element switching harusmemilihkabelpengirimuntukmeneruskanpesan-pesantersebut.Sayangnyatidakadaterminologistandartdalammenamakankomputerseperti  ini. Namanyasangatbervariasidisebutpaket switching node, intermidiate system, data switching exchange dansebagainya. 


Komputer mobile sepertikomputer notebook dan personal digital assistant  (PDA), merupakancabangindustrikomputer yang paling cepatpertumbuhannya. Banyakpemilikjeniskomputertersebut yang sebenarnyatelahmemilikimesin-mesin desktop yang terpasangpada LAN atauWAN tetapikarenakoneksikabeltidaklahmungkindibuat di dalammobilataupesawatterbang, makabanyak yang tertarikuntukmemilikikomputerdenganjaringantanpakabelini. 

Jaringantanpakabelmempunyaiberbagaimanfaat, yang telahumumdikenaladalahkantor portable. Orang yang sedangdalamperjalananseringkaliinginmenggunakanperalatanelektronik portable-nyauntukmengirimataumenerimatelepon, fax, e-mail, membaca fail jarakjauh login kemesinjarakjauh, dansebagainyadanjugainginmelakukanhal-haltersebutdimanasaja, darat, laut, udara.


Sebenarnyaterdapatbanyakjaringandiduniaini, seringkalimenggunakanperangkatkerasdanperangkatlunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubungkejaringanseringberharapuntukbisaberkomunikasidengan orang lain yang terhubungkejaringanlainnya. Keinginansepertiinimemerlukanhubunganantarjaringan yang seringkalitidakkampatibeldanberbeda.Biasanyauntukmelakukanhalinidiperlukansebuahmesin yang disebut gateway gunamelakukanhubungandanmelaksanakanterjemahan yang diperlukan, baikperangkatkerasmaupunperangkatlunaknya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksiinilah yang disebutdengan internet.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Command comTechno - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -