Popular Post

Popular Post

Posted by : Unknown Friday, April 4, 2014

Credit Card
Seperti pada artikel sebelumnya, saya telah memberikan sebuah cara agar Anda bisa mendaftar menjadi member di eBay tanpa menggunakan kartu kredit. Sedangkan untuk penerimaan dana dari konsumen Anda, dipastikan Anda pasti akan menggunakan jasa penerima dana seperti Paypal, Moneybookers (skrill), dan lain-lain.

Untuk menggunakan kedua jasa ini Anda diharuskan mem-verifiedakun rekening Anda terlebih dahulu sebelum dapat menerima dana dari ebay, sedangkan untuk Moneybookers (skrill) ada beberapa kondisi untuk tidak mengharuskan Anda untuk mem-verified dengan menggunakan kartu kredit. Untuk mem-verified Moneybookers (skrill) akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Apakah untuk mem-verified akun ini dibutuhkan kartu kredit fisik? Tidak juga, karena telah ada yang namanya kartu kredit virtual (VCC) yang dapat Anda beli dipenjual jasa vcc yang banyak beredar di internet.

Sebenarnya apa fungsi VCC? VCC diciptakan untuk melindungi kartu kredit utama, sehingga apabila terjadi hal hal yang tidak diinginkan kartu kredit utama masih bisa diselamatkan. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan VCC:

Kelebihan VCC

  • Anda bisa memiliki akun paypal yang verified tanpa mempunyai kartu kredit fisik.
  • Biaya yang dikeluarkan untuk membeli satu VCC relatif lebih murah (80rb-100rb).
  • Proses verifikasi lebih cepat dibandingkan  dengan menggunakan kartu kredit.
  • VCC anda bisa Anda gunakan sesuai dengan akun paypal Anda.
  • Tidak ada biaya administrasi bulanan.
  • Tidak ada syarat slip gaji dan status pekerjaan.
  • Billing address bebas sesuai keinginan anda.

Kekurangan VCC

  • Sering banyak terjadi penipuan dari penjualan VCC itu sendiri, saran saya Anda perlu minta garansi dari penjual VCC itu sendiri terutama jika ada masalah.
  • Masih sering terjadi limited Access pada VCC.
  • Hanya bisa dipakai sekali (untuk vcc 1 tahun) untuk verifikasi Paypal atau Moneybookers (skrill). 
Sekarang ini setahu saya ada beberapa macam VCC yang beredar di internet, yaitu VCC jenis AVS, Prabayar dan VCC 1 tahun. Agar Anda tidak diliputi oleh kebingungan akibat dari perbedaan, di bawah ini akan saya coba jelaskan masing-masing jenis VCC tersebut.

VCC AVS

VCC AVS (Address Verification System) adalah VCC yang menggunakan data-data seperti nama lengkap, alamat, no telpon, dan lain-lain, untuk mem-verified Paypal Anda.

Mengapa VCC ini memerlukan data pribadi seperti yang dijabarkan, bukankah VCC sudah disebutkan tidak memerlukan data pribadi seperti kartu kredit fisik? VCC AVS sesuai dengan namanya yaitu Address Verification System, yang mana VCC ini menggunakan alamat sebagai fasilitas untuk mem-verified VCC ini. VCC ini mirip dengan kartu kredit fisik tetapi Anda tidak akan mendapatkan kartu plastik sebagai bukti kepemilikan VCC AVS ini.

VCC jenis ini biasanya dijual lebih mahal ketimbang VCC reguler 1 tahun maupun prabayar. Banyak kelebihan yang dimiliki VCC AVS dibandingkan VCC jenis lain, berikut akan saya sebutkan kelebihan-kelebihan VCC AVS.

Kelebihan VCC AVS

  1. Aman dari limit paypal.
  2. Tidak diperlukan verifikasi telepon.
  3. Support AVS(address verification system) sehingga akun paypal anda terjamin aman.
  4. Lebih tahan limited daripada VCC reguler.
  5. Proses pembuatan langsung.
  6. Masa expired 1 atau 8tahun.
  7. VCC AVS baru bisa digunakan jika sudah di registrasi terlebih dahulu. Karena data yang digunakan untuk registrasi sesuai dengan identitas anda, maka VCC AVS sangat mirip dengan CC pribadi anda.
  8. 1 VCC AVS bisa digunakan 2 kali. contoh kasus : anda bisa gunakan untuk Verifikasi Alertpay terlebih dahulu, kemudian VCC AVS tersebut masih bisa digunakan lagi untuk verified akun paypal. hal ini dikarenakan saldo VCC AVS yang cukup besar yaitu $5.
Menurut saya jenis VCC ini adalah yang terbaik jika Anda memiliki dana lebih, dikarenakan jenis VCC ini relatif lebih mahal. VCC AVS ini berkisar antara Rp. 185.000 (1 tahun) - Rp. 200.000 (8 tahun). Harga yang tertera masih bisa berubah*

VCC Pra Bayar (Pre Paid)

Membeli VCC Prabayar bisa dianalogikan seperti Anda membeli Kartu Perdana GSM. Saat membeli kartu perdana Anda akan mendapatkan sebuah nomer kartu dan dalam kartu tersebut sudah terdapat pulsa yang bisa digunakan. 

Saat kartu digunakan untuk menelpon, maka pulsa akan berkurang sebesar penggunaanya. Saat pulsanya habis atau tidak mencukupi lagi, Anda tidak bisa menggunakan lagi untuk menelpon.

Demikian juga dengan VCC Prabayar, Anda membeli dengan memilih nominal saldo awal yang Anda butuhkan. Setelah VCC digunakan untuk belanja, saldonya akan berkurang sesuai nilai belanjanya. Jika saldonya habis/ kurang dari nominal yang akan di bayar, nomer VCC Prabayar akan di tolak.

Keuntungan dan Kemudahan apa yang diperoleh ketika Menggunakan VCC Prabayar?
  1. VCC Prabayar (Prepaid VCC) lebih mudah didapatkan dan lebih aman penggunaannya dibandingkan dengan menggunakan kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank di Indonesia.
  2. Resiko Anda kehilangan uang karena pencurian data kartu kredit jauh lebih kecil dikarenakan kartu ini hanya bisa digunakan apabila saldo dana masih mencukupi untuk melakukan pembayaran. 
  3. Balance sesuai kebutuhan anda.
  4. Bisa diisi ulang lagi.
  5. 100% aman untuk web apapun, tidak takut data asli kartu kredit anda dibobol(fraud).
  6. Proses pembuatan cepat.
  7. Dapat digunakan beberapa kali hingga dana/balance di dalam VCC habis. 

Apabila Anda ingin melakukan pembayaran, cukup order VCC Prabayar sesuai dengan nominal yang Anda butuhkan, lakukan pembayaran, selesai. Selanjutnya Anda tidak perlu khawatir data kartu kredit Anda  disimpan oleh penjual (merchant). 

Kegunaan dari VCC Prabayar (Prepaid VCC):
  • Sebagai alat pembayaran online (biaya perjalanan, hotel, penerbangan, belanja online, pembayaran tagihan, upgrade membership, dll). 
  • Verifikasi account Paypal, eBay, Alertpay dll.
Apa yang Anda dapatkan ketika membeli VCC Prabayar?

Karena VCC prabayar adalah kartu kredit virtual, maka Anda tidak akan mendapatkan kartu kredit dalam bentuk fisik plastik, yang akan Anda peroleh adalah data-data berikut ini :

Jenis kartu kredit (Visa)
Nomor kartu kredit (16 digit)
Expire (mm/yy)
CVV/CVV2  (3 digit security code)

Semua data tersebut akan dikirimkan via sms atau email yang digunakan untuk order.
 
Sebagai catatan VCC tipe ini tidak bisa untuk GOOGLE Adwords, Facebook Ads dan PayPal. Serta harga saldo yang bervariatif diantara para penjual. Dan juga masa aktif balance yang sangat pendek ( kisaran 7 hari).
 

VCC 1 Tahun 

VCC 1 tahun yang memiliki fungsi untuk mem-verified akun paypal. VCC ini tidak bisa ditambahkan saldo seperti jenis VCC yang lainnya. Biaya untuk membeli VCC ini, relatif lebih murah (80rb - 100rb). Untuk mendapatkan VCC ini mirip seperti VCC prabayar, setelah Anda membeli dari seorang penjual, Anda akan diberikan data-data seperti:
Jenis kartu kredit (Visa atau Mastercard)
Nomor kartu kredit (16 digit)
Expire (mm/yy)
CVV/CVV2  (3 digit security code)
Paypal Code
 
Saya sering menggunakan VCC ini hanya untuk mem-verified akun Paypal, meskipun banyak juga kelemahan yang dimiliki VCC ini. Yang paling parah adalah Paypal Limited Access - nanti akan saya bahas secara terpisah.

Berikut kelebihan VCC 1 tahun:
  • Masa expired 1 tahun.
  • Tanpa verifikasi telpon.
  • Lebih tahan limited daripada VCC reguler (4bulan).
  • Pembuatan VCC cepat (5 menit).
  • Harga relatif lebih murah.
Setelah Anda mengetahui beberapa perbedaan VCC yang beredar di internet, sekarang keputusan ada di tangan Anda sendiri untuk memilih VCC mana yang ingin Anda gunakan. Kalau saya biasanya proses pembuatan akun eBay dan Paypal sebelum memulai bisnisnya adalah seperti dibawah.
  1. Sign up member eBay.com (bukan eBay.com.sg).
  2. Sign up Paypal.
  3. Beli VCC untuk verified Paypal.
  4. Upgrade menjadi seller member eBay.
Setelah langkah ke 4, biasanya saya akan melakukan research di eBay mengenai item yang akan saya jual. Baru setelah memperoleh hasil research tersebut saya akan memulai bisnis saya di eBay.

Itu merupakan langkah saya untuk memulai bisnis di eBay, Anda dapat mengkalkulasikan sendiri bahwa untuk memulai bisnis di eBay adalah tidak mahal. Biaya untuk membuat sebuah akun berkisar antara 80rb-100rb saja (VCC 1 tahun).

Pada artikel berikutnya saya akan membahas bagaimana membuat akun Paypal Anda aman dari serangan Limited Access. Tapi Anda juga harus mengingat selalu bahwa Paypal bukanlah sebuah bank yang dapat menyimpan dana Anda, Paypal adalah jasa pihak ke 3 untuk menghubungkan antara pembeli dan penjual mengenai transaksi yang dilindungi oleh undang-undang Paypal.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Command comTechno - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -