Popular Post

Popular Post

Posted by : Unknown Friday, November 29, 2013

catatan : Sebelum mempelajari kompetensi dasar ini diharap, terlebih dahulu menguasai kompetensi dasar “Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah”.
Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3)
Dalam memperbaiki PC ada beberap hal yang harus diperhatikan khususnya tentang keamanan dan keselamatan kerja terhadap ESD (electrostatic discharge).  Ada 4 hal pencegahan kerusakan perangkat elektronik terhadap ESD yaitu :
  1. Menjaga semua komponen dalam box antistatic, sebelum komponen tersebut digunakan
  2. Pastikan bahwa instalasi listrik di tempat anda telah ditanahkan dengan sempurna
  3. Gunakan matras isolator saat bekerja (matras bisa diganti sandal, sepatu dll yang kering dan jangan sekali-kali menggunakan karpet)
  4. Gunakan gelang antistatic (wrist strap)
    gelang anti static
Mengidentifikasi komponen PC yang rusak melalui gejala yang timbul
Setelah kita yakin bahwa diri kita telah aman maka selanjutnya kita bisa melakukan proses diagnosis PC yang bermasalah. Untuk melakukan diagnosis PC yang bermasalah kita dapat melihat dari gejala yang ditunjukkan saat komputer dinyalakan. Adapun gejala tersebut dapat dibagi menjadi :
  1. Tampilan visual. Tampilan visual dapat kita lihat dari tampilan monior ataupun kondisi fisik dari PC itu sendiri.
  2. Kode beep. Seringkali PC yang bermasalah akan menunjukkan gejala bunyi beep, yang dikenal dengan istilah beep code. Beep code memiliki spesifikasi bunyi yang berbeda beda berdasarkan jenis BIOS Motherboard/Mainboard.
Uraian diagnosis PC yang bermasalah sudah kita bahas pada artikel “Menjelaskan langkah perbaikan PC yang bermasalah“.  Jika proses diagnosis permasalahan PC selesai, segera kita melakukan lokalisir permasalahan dengan menentukan blok permasalahanya (misal saat PC dinyalakan tidak ada led power indikator menyala atau kipas power supply tidak berputar maka dapat dinyatakan bahwa permasalahan terdapat pada blok power supply). Dengan hasil tersebut  segera kita  mencocokkan hasilnya dengan flowchart troubleshooting di bawah ini.
Kegagalan Power Supply
kegagalan power supply
Kegagalan Video
Kinerja Video
Kegagalan Motherboard, CPU, RAM
Kinerja Motherboard, CPU, RAM
Kegagalan IDE Drive
Proses boot dan kinerja Harddrive
CD dan DVD playback
cd and dvd playback
Melepas dan mengganti komponen PC
Power Supply
replacing power supply

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Command comTechno - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -