Popular Post

Popular Post

Posted by : Unknown Friday, December 20, 2013

  • MyPassion

Produk keamanan berikut diberi peringkat sebagai aplikasi keamanan terbaik 2012 dan 2013 oleh toptenreview.com. Namun, bagaimana pengujiannya. Di sini di review untuk versi Bitdefender Total Security 2013.
Untuk pengujian sendiri dilakukan dengan lebih memprioritaskan dari sisi pengguna secara umum.

Persyaratan Sistem
Aplikasi ini dapat berjalan pada persyaratan sistem yang sudah bersifat umum dalam arti dapat dijalankan pada spesifikasi komputer saat ini maupun sebelumnya.

Instalasi
Proses instalasi produk ini mudah untuk dilakukan, hanya cukup menyetujui persayaratan dan mengikuti langkah berikutnya. Pada saat pertama instalasi akan ditanyai apakah akan menginstal update dengan syarat terhubung ke internet dan tentunya butuh waktu, hal ini bisa diabaikan saja.
Proses instalasi secara umum melalui tiga tahap.

Tahap pertama, instaler akan melakukan scan sistem terlebih dahulu, mungkin tujuannya untuk memastikan pc bersih terlebih dahulu.
Tahap kedua, instaler akan melakukan proses update jika konfirmasi update disetujui, jika tidak proses akan dihentikan.
Tahap ketiga merupakan tahap instalasi aplikasi, proses instalasi berlangsung cukup cepat.

Antarmuka Aplikasi
Antarmuka aplikasi didominasi oleh warna hitam dengan warna hijau dibagian status yang dapat berubah sesuai dengan kondisi aplikasi dan hasil deteksi dengan bagian tengah bagian status berupa bulatan dan disertai dengan beberapa tombol seperti setting, event, dan autopilot. Di bagian tengah akan diperlihatkan sederetan fitur aplikasi yang termasuk dalam setiap versi dan berbeda tergantung versi yang dipergunakan berupa box yang dapat digeser ke kiri maupun kanan. Namun, box fitur ini bisa ditampilkan keseluruhan mengklik tombol grid.

Fitur
Untuk fitur yang disediakan berbeda di tiap versinya. Untuk versi lengkapnya di sini menggunakan versi Total Security 2013 yang terdapat beberapa fitur seperti Antivirus, Firewall, Update, Safebox, Antispam, Tuneup, Parental Control, dan beberapa fitur lainnya yang masing-masing bisa diaktifkan maupun dinonaktifkan.

Pada aplikasi terdapat Event yang hampir sama dengan log karena di sini terdapat catatan mengenai status aplikasi, status update, serta status lainnya. Pengaturan aplikasi dapat dilakukan melalui menu setting. Selain aplikasi utama, juga disertakan aplikasi gadget di dekstop untuk
  memperlihatkan status aplikasi secara umum.

Yang membedakan aplikasi ini dengan yang lainnya adalah adanya pilihan Autopilot di samping manual. Fungsi Autopilot mempunyai seperti pengaturan otomatis yang dapat dilakukan oleh aplikasi sendiri termasuk berpindah ke mode manual jika fungsi autopilot tak mampu bisa berfungsi pada beberapa kondisi.

Kinerja
Aplikasi ini mendapatkan nilai yang sempurna versi toptenreview.com untuk kinerja, dan ini memang diakui. Aplikasi akan melakukan pemeriksaan di setiap proses yang terjadi. Bisa dikatakan hampir semua kegiatan di periksanya, termasuk scan pada peragkat luar yang ditancapkan seperti disc maupun usb, serta jaringan.

Aplikasi akan melakukan pemeriksaan (scan) pada setiap aktivitas yang dilakukan mulai dari membuka jendela-jendela sistem operasi, aplikasi, bahkan scan pada jaringan dan halaman web sebelum dibuka di browser. Scan-pun dilakukan terhadap media removable seperti CD/DVD maupun USB Flash Drive, termasuk setiap klik akan di scan. Sayangnya aplikasi scan ini membutuhkan waktu sehingga akan terasa aplikasi maupun jendela muncul lebih lama maupun di akses lebih lama juga.

Untuk fitur internet seperti firewall juga bekerja selayaknya walaupun masih belum seoptimal aplikasi yang memang untuk firewall. Aplikasi akan terintegrasi dengan browser dan melakukan scan pada setiap link yang diakses maupun terakses. Fungsi antispam juga akan berkerja terutama pada aplikasi perpesanan (email).

Fungsi lainnya seperti Safebox dapat berfungsi sebagai lingkungan khusus untuk menjalankan aplikasi, selain itu juga disediakan browser khusus untuk mengakses situs aman seperti belanja online maupun internet banking. Fungsi lainnya yaitu Parental Control yang dapat digunakan oleh para orang tua untuk mengawasi penggunan komputer oleh anak.

Kesimpulan
Keunggulan
Aplikasi ini mempunyai fitur yang lengkap dengan kemampuan yang baik. Untuk versi terlengkapnya yaitu Total Security 2013 mempunyai hampir semua fitur antivirus dan internet security. Setiap aktivitas sistem akan diperiksa termasuk tahap awal instalasi. Selain itu juga disediakan fitur Parental Control yang dapat digunakan orang tua untuk menjaga akses penggunaan komputer dan internet bagi anaknya.

Kelemahan
Seperti halnya aplikasi keamanan lainnya, penggunaan resource pc dan sistem merupakan hal yang tidak selalu sejalan dengan kenyamanan penggunaan. Walaupun aplikasi ini pada saat pengujian hanya memakan sumber daya CPU tidak lebih dari 1%, namun membuat sistem memakan sumber daya yang besar apalagi setiap proses scan yang dilakukan, sehingga terasa membuat berat sistem. Hal ini berbeda dengan beberapa vendor lainnya yang berupaya membuat aplikasi seringan mungkin tanpa mengorbankan kinerja.

Bitdefender Total Security 2013
Pengembang / Publisher: Bitdefender
Tahun: 2013
Versi: 2013
Lisensi: trial
Harga:
Skor:
DownloadDownload

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Command comTechno - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -